(MOTIVASI) JIWA GURU


JIWA GURU



Dalam sebuah majelis ada seorang ustadz bertanya kepada KH. Abdullah Syukri Zarkasyi (Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor).
Apa rahasia agar institusi pendidikan maju dan diminati masyarakat ?

Kyai Syukri tersenyum dan tertawa kecil mendengar pertanyaan itu. Kemudian beliau menjawab dg pepatah arab yang masyhur terkait dengan guru dan pembelajaran:

المادة مهمة ولكن الطريقة اهم من المادة

"Materi Pembelajaran adalah sesuatu yang penting, tetapi metode pembelajaran jauh lebih penting daripada materi pembelajaran."

Jadi, sebagus apa pun materi pembelajaran,  namun jika metode pembelajarannya kurang baik,  maka hasilnya kurang maksimal.
Lalu beliau melanjutkan dgn bait berikutnya....

الطريقة مهمة ولكن المدرس اهم من الطريقة

"Metode pembelajaran adalah sesuatu yang penting, tetapi guru jauh lebih penting daripada metode pembelajaran."

Sehingga, sebagus apa pun metode pembelajaran,  tetapi jika guru yang bersangkutan tidak mampu mengajar dengan metode tersebut, maka hasilnya pun sama, tidak akan maksimal.
Kemudian beliau menyampaikan ungkapan yang sangat inspiratif, yaitu:

المدرس مهم ولكن روح المدرس اهم من المدرس

"Guru adalah sesuatu yang penting, tetapi jiwa guru jauh lebih penting dari seorang guru itu sendiri."

Ungkapan yang sangat luar biasa!
 Jiwa Guru jauh lebih penting! Ya,  kekuatan batin,  lebih didahulukan daripada kekuatan dzohir.

Kyai Syukri menjelaskan bahwa cara  membangun jiwa adalah dengan meningkatkan kedekatan kita kepada Allah (اَلتَّقَرُبُ إلى اللّٰه ). Dengan melakukan amalan-amalan wajib,  ditambah dan disempurnakan dengan amalan-amalan sunnah.

Bayangkan jika kita...

🌿 mengajar dgn 'jiwa'

🌿 Niat kita ikhlas dalam mengajar, membimbing dan mendidik murid, ikhlas dalam menasehati, 

🌿 disiplin ketika mengajar, dalam kehadiran, menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran

🌿 berakhlak baik kepada murid,

🌿 mendoakan mereka di setiap selesai sholat kita atau bahkan...mendoakan mereka di sepertiga malam-malam kita.
Insya Allah Ilmu dan nasehat-nasehat yang kita berikan terpancar murni dari relung hati & jiwa.
Maka para murid akan lebih mudah menerima ilmu dan nasehat-nasehat kita. *Karena yang berasal dari jiwa, akan diterima oleh jiwa. Yang bersumber dari hati,  akan diterima oleh hati.

Untuk menjadi guru yg berhati guru, maka awalilah dengan niat. Sesungguhnya niat adalah pengikat amal. Di saat seseorang salah dalam memadang niat yg ikhlas, maka guru akan dipasung oleh keduniaan.

Jika dunia yg memasung kita, maka kebahagiaan menjadi seorang guru perlahan akan tergadai. Selanjutnya kebanggaan.menjadi guru akan sirnah. Akhirnya guru tak lagi menjadi penggerak dalam pwtubahan yg lebih baik.

"Guru Penebar Kebaikan"
Guru adalah pekarjaan yang paling menguntungkan karena selalu memverikan contoh kebaikan, mengajak berbuat baik dan melarang berbuat kemungkaran.
Guru adalah  orang yg mulia dan senantiasa dimuliakan Allah.
Guru adalah orang yg memiliki investasi abadi dengan sodaqohnya hg banyak, ilmunya yg senantiasa memberikan.manfaat, dan merancang anak yg solih solihah.
Guru senantiasa derajatnya ditinggikan oleh Allah.

Untuk itulah, menjadi guru harus selalu bangga dan berbahagia.

Dalam Al Quran surat An Nisa ayat 9, Allah mengungatkan pada kita, "Hendaklah kalian takut menunggalkan generasi yg lemah, untuk itu takutlah pada Allah (taqwa), berikan.keteladanan yg bagus, dan ucapkan kata kata yg tepat."

Ayat ini menyiratkan pada kita agar khawatir meninggalkan generasi yg lemah. Untuk itu, Ada dua kata kunci yg sejajar, yaitu keteladanan dengan perbuatan dan kumunikasi yg tepat.

Guru harus selalu menjaga perilaku dan juga ucapan. Saat ini negeri.kita tinggal berharap dari sosok guru yg memperbaiki negeri ini. Jika guru guru di Indonesia mampu menjaga diri dan tetap berjalan dengan jiat yg benar. maka inilah yg ditunggu untuk petbaikan bangsa.

Seorang guru tidak akan berlaku kasar jika berpegang pada surat an nisa ayat 9.

Tidak ada pekerjaan yg tidak beresiko, tetapi resiko guru kebih kecil dan balasan kebaikannya gede. Untuk itu janfan putus asa menjadi guru. Dibalik kesulitan yg Bapak dan Ibu hadapi, versanaan itu pula ada anugerah yg kebih besar.

Coba lihat surat al insiroh.
"Maka bersamaan dg kesulitan itu ada kemudahan. dan bersamaan kesuliran ada kemudahan." Yakinlah dalam perjuangan akan.memperoleh kemenangan. Bagi guru kemenangan dunia dan akhirat.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pintu masuknya ilmu. Lihat Surat An Nahl ayat 78, "Ketika manusia terlahir dari perut bunda, tidak mengerti apa apa,.lalu Allah, memberikan pendengaran, penglihatan, dan hati. Supaya kamu bersyukur."

ini  juga berarti yang pertama kita lakukan adalah mendengarkan ya mendengarkan aspirasi anak-anak mendengarkan keluhan mendengarkan apa yang mereka inginkan

Tidak ada jesulitan yg tidak terurai. Selana kita memiliki energi positif yg banyak, kita tinggal minta kepada Allah tentang kesulitan yg kita hadapi.
Allah pasti akan membantu.

Jadilah guru seperti yg diibaratkan Allah dalam surat Ibrahim ayat 24 & 25,'yaitu seperti pohon korma.

"Pohon korma, pohon yg akarnya menghunjam teguh ke bawah, daunnya menjulang ke langit, dan berbuah setiap musim tanpa henti.

Artinya, seorang guru haruslah nemiliki jeyakinan yg kuat, tidak.mudah putus asa dalam beraktivitas. Yakin bahwa setiap nafas, setiap langkah adalah amalan tiada putus. Kuatkanlah akidah dalam mendidik dan tidak mudah terpengaruh oleh yg lain yg bisa melemahkan kegiatan dalam.mendidik.

Guru mampu mengayomi anak didik,.membesarkan hati aak didik (membombong dan membimbing),

Guru tak mengenal waktu dalam berbuat kebaikan. Begitu pula balasannya tak terhingga. Pantaslah jika guru adalah calon calon penghuni surga.

Kita belum pernah mendengar ada korma yg tumbang oleh badai. Itulah sosok guru yg teguh, tidak ciut nyali saat dimaki atau dikritik, san tidak besar hati saat dipuji. Tetap lurus dalam mengabdi,.terus menjalankan tugas suci. Surga telah menanti.

Semua konsep pendidikan ada di dalam Al Quran. Dalam pengembangan ilmu ajar, maka kita bisa melihat surat luqman ayat 13 sampai 19. Bukan hanya di sekolah, lebih lebih di rumah harus memahami tentang materi ini.

Strategi pembelajaran juga inspirasinya dari Al Quran.

Apalagi tentang komunikasi guru dan.murid, lebih dari 10 diuraikan di dalam Al Quran.

Saya coba untuk materi ajar dulu. Lukman bukanlah seorang Nabi, apalagi Rasul. Tetapi Lukman.menjadi model dalam mendidik anak sehingga diabadikan Allah dalam Al Quran, bahkan.menjadi sebuah nama surat. Ajaran yg sisampaikannLuqman pada anaknya, mininsl delapan hal.
1). Keyakinan yg kuat, tidak.menyekutukan Allah.
2) Berbakti pada orang tua, terutama Ibu.
3) Berbuat baik karena semua pasti berbalas, niat yg tulus.
4) Ibadah sholat.
5) amar makruf nahi mungkar.
6) bersabar atas segala ujian
7) rendah hari dan tidak sombong.
8) komunikasi yg baik, verbak.maupun non verbal.

Untuk komunikasi guru dan.murid, anak dan orang tua, di lain waktu. Butuh waktu panjang. Saya live di Suara Muslim Surabaya butuh 4 jam (4 pertemuan)

Mendidik dan melatih ibarat menabam pohon dengan 5M, yaitu:
1) :-)Menyiapkan lahan
2) Menggali,
3) Menyemai,
4) Menyiram, dan
5) Merawat

Untuk itu dibutuhkan guru yg berhati guru.

Untuk bisa.menjadi guru yg berhati guru, maka:
1) Pasang niat yg tulus,bjangan salah niat.
2) Berikan rasa aman pada anak.
3) Berikan penampilan yg menghargai untuk anak.
4) Berikan yg terbaik pada anak. Jangan sampai dihubungkan antara pendapatan dg kinerja.
5) Doakan setiap saat anak anak kita.
6) Berikan keteladanan yg bagus dalam tingkah laku.
7) berkomunikasilah yg baik.
8) Yakinlah bahwa anak anak kelak akan menjadi hebat, jangan remehkan dia.
9) Selalu bersyukur kepada Allah.
10) Jadikan Al Quran sebagai inspirasi dalam mendidik anak.

Jangan.lupa, kenali modalitas dan kecerdasan anak (bakat dan minat). Masih teringat di Hari Pendidikan di Kaltim, tepatnta Balikpapan saat bersama Andi F. Noya. Beliau mengatakan. Salah satu tugas sekolah adalah mengenal talenta anak. Jika anak sudah diketahui talentanya, sukses tinggal tunggu waktun


Penampilan itu cetmin hati. Mulai dari busana yg pantas, berdandan yg pantas seirang guru itu akan menunjukkan cermin.hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar