Oleh : Ainun Rieke fadhilillah
Nim : 16150039.
Dimanapun kita berada tidak lepas dengan adanya Layanan Informasi yang mana ini sangat memungkinan peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi informasi belajar, pergaulan, karier, pendidikan lanjutan. Tujuan layanan informasi adalah membantu peserta didik agar dapat mengambil keputusan secara tepat dan bisa dipertanggung jawabkan dari berbagai informant yang ada semisal itu, dalam bidang pribadi, sosial, belajar maupun karier berdasarkan valid adanya. Layanan informasi pun berfungsi untuk pencegahan dan pemahaman yang tidak di inginkan
Nim : 16150039.
Dimanapun kita berada tidak lepas dengan adanya Layanan Informasi yang mana ini sangat memungkinan peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi informasi belajar, pergaulan, karier, pendidikan lanjutan. Tujuan layanan informasi adalah membantu peserta didik agar dapat mengambil keputusan secara tepat dan bisa dipertanggung jawabkan dari berbagai informant yang ada semisal itu, dalam bidang pribadi, sosial, belajar maupun karier berdasarkan valid adanya. Layanan informasi pun berfungsi untuk pencegahan dan pemahaman yang tidak di inginkan
Penulis mencoba Pada saat
siswa-siswa MAN kelas XII akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
maupun dunia pekerjaan, bahkan Dunia pernikahan tugas konselor madrasah disini
ialah memberikan layanan informasi tentang perguruan-perguruan tinggi, keadaan
sosial bahkan pernikahan, , serta lapangan-lapangan pekerjaan yang tersedia
untuk siswa-siswa tersebut. Hal ini untuk memberikan pemahaman tentang rencana
mereka setelah lulus SMA serta mencegah terjadinya kesalahan dalam pemilihan
jurusan, perguruan tinggi, serta lapangan pekerjaan.
Kedua,
hal yang tidak lepas sangat penting dalam kehidupan adalah Layanan Konseling
Perorangan, layanan ini memungkinan
peserta didik mendapatkan layanan langsung tatap muka atau berhadapan secara
langsung ataupun secara media online semisal video call) untuk mengentaskan
permasalahan atau problem yang dihadapinya dan bagaimana mengatasi solusinya
dalam dirinya. Tujuan layanan konseling perorangan adalah agar peserta didik
dapat Menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Maka dari itu layanan konseling
perorangan sangat dibutuhkan kehadirannya oleh siswa.
Penulis mencoba mengkisahkan
seorang anak yang memiliki permasalahan dirumah yang di akibatkan broken
home/bercerainya orang tua dan hal ini mengganggu dalam hal prestasi yang ia
miliki, dan hal itu membuat konselor sekolah menjemput bola pada anak itu yang
bermasalah ia secara pribadi untuk membantu siswa tersebut menyelesaikan
masalahnya. Setelah itu ranah konselor mulai mendiagnosi si anak tersebut dengan
4 mata.
Adapun
komponen layanan yang terakhir yaitu Layanan Konsultasi yang membantu Murid murid dan
atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman, pemikiran dan cara-cara
yang perlu dilakukan dalam menangani kondisi dan atau Problem si murid.
Penulis mencoba menghadirkan
pada saat seorang siswa mengalami kebimbangan dalam menentukan sesuatu, ia
mendatangi konselor untuk berkonsultasi dan meminta bantuan agar dapat
memberikan pencerahan terhadap kebimbangan yang dialaminya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar