SEMARAK GAZA XI PBA UIN MALANG TEBARKAN CINTA BERBAHASA ARAB


 SEMARAK GAZA XI PBA UIN MALANG TEBARKAN CINTA BERBAHASA ARAB


GAZA XI 2023 PBA UIN Malang

Gaza (Gebyar Apresiasi Khazanah Araby) merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh HMPS PBA UIN Malang. GAZA merupakan suatu ajang perlombaan Bahasa Arab jenjang MA/MAN/SMA/SMK tingkat Nasional.

Perlu diketahui, adanya GAZA merupakan suatu perayaan dari hari lahirnya HMPS PBA UIN Malang dengan tujuan untuk mempromosikan dan menambah kecintaan kepada Bahasa Arab khususya di kalangan MA/MAN/SMA/SMK agar mereka bisa tertarik dan memperdalam ilmu Bahasa Arab tentunya di PRODI Pendidikan Bahasa Arab UIN Malang.

Gaza XI kali ini mengusung tema دور اللغة العربية لبناء المجتمع المدني في العصر الرقمي (Peranan Bahasa Arab untuk Membangun Masyarakat Modern di Rra Digital)



Dari tahun ke tahun, Gaza selalu mengalami peningkatan peserta. Jumlah peserta tahun ini adalah sebanyak 475, dan salah satu peserta terjauh yakni berasal dari bengkulu.

Gaza tahun ini mengusung konsep yang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Terdapat 3 jenis konsep yang berbeda pada gaza XI ; Hybrid, Online dan Offline.

Adapun lomba-lomba GAZA XI hybird adalah; Taqdimul Qishah, Syi'ir dan Khitobah. Sedangkan lomba-lomba Offline yakni diselenggarakan langsung di kampus tercinta UIN Malang adalah ; Khat Araby, Ghina' Araby, Munadzarah Islamiyah, Imathah dan Qiroatul Kutub. Adapun Qiroatul Akhbar merupakan satu-satunya lomba yang diselenggarakan secara full online.

GAZA XI berlangsung pada tanggal 11-13 Oktober 2023. Hari pertama merupakan Opening yang dilanjutkan dengan beberapa perlombaan Hybird (Taqdimul Qishah, Syi'ir dan Khitobah).

Dilanjut hari kedua yakni perlombaan Khat Araby, Qiroatul Kutub, Munadzarah Islamiyah (babak penyisihan) dan Ghina' Araby

Sedangkan hari terakhir berlangsung babak semi final dan final lomba Munadzarah Islamiyah yang dilanjutkan dengan puncak acara GAZA XI yakni penutupan serta pembagian hadiah pemenang lomba GAZA XI yang diselenggarakan di gedung SC pada jam 20.00 PM.



Acara penutupan GAZA XI berlangsung sangat meriah. Banyak para supporter yang sambil berYel-yel mendukung peserta lomba asal instansinya masing-masing.

Rangkaian acara telah dilakukan, hingga tiba saatnya pengumuman pemenang lomba GAZA XI. Peserta dan penonton pun ikut tegang dan bahagia jika nama instansinya disebut sebagai pemenang lomba.

Tak kalah ramai juga ketika maskot GAZA yang dikenal dengan sebutan nama GAZANFAR keluar, para penonton histeris karena melihat kelucuan si GAZANFAR tersebut. Setelah sesi penyerahan hadiah pemenang lomba, banyak para peserta/penonton yang berebutan untuk berfoto dengan si GAZANFAR tersebut.

Berikut terdapat kesan dan pesan dari beberapa peserta selama mengikuti lomba GAZA XI di UIN Malang; "Alhamdulillah, mengikuti lomba GAZA adalah suatu pengalaman yang sangat berharga dan sangat seru. Melalui lomba ini juga saya bisa kenal degan teman-teman peserta dari daerah lain yang keren-keren. Kesan saya untuk GAZA adalah sangat berharga, ini akan menjadi suatu pengalaman berharga dan merupakan ajang lomba terkeren yang pernah saya ikuti". Ucap Naila Rahmatika asal instansi SMA Bait Al Hikmah salah satu peserta lomba Syi'ir yang berhasil menjadi juara ke-3 lomba Syi'ir.

Selain itu, Azril asal instansi LPBA Nurul Jadid, juara 1 lomba Taqdimul Qishah juga sangat terkesan dengan perlombaan GAZA XI 2023 ini. "GAZA XI merupakan lomba pertama yang saya ikuti dan alhamdulillah saya berhasil memenangkan juara di lomba taqdimul qishah ini. GAZA XI juga sangat keren dan semoga semakin sukses kedepannya agar bisa mencetak generasi-generasi yang baik untuk bangsa tentunya dalam mengeksiskan Bahasa Arab"

Begitu meriahnya acara GAZA XI tahun 2023 ini. Semoga GAZA XII tahun depan bisa lebih sukses dan lebih meriah serta lebih baik dari sebelumnya. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar