Mahasiswa PBA UIN Malang Raih Prestasi Yang Membanggakan Dalam Ajang SUKARABIC FEST 2023 UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta


 Mahasiswa PBA UIN Malang Raih Prestasi Yang Membanggakan Dalam Ajang SUKARABIC FEST 2023 UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta

Oleh: Naura Nadhifah




Sukarabic Fest adalah acara tahunan yang dilakukan dibawah naungan program studi Bahasa Dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yang dimulai sejak tahun 2017. Adapun pada tahun 2023 telah sampai pada Sukarabic Fest VI. Pada tahun ini, diadakan banyak lomba berbahasa Arab, diantaranya adalah Debat Bahasa Arab, Essai Bahasa Arab, Ghina’, Pidato Bahasa Arab, dan masih banyak perlombaan lainnya.

Persiapan perlombaan Sukarabic Fest telah disiapkan oleh mahasiswa PBA UIN Malang yang tergabung dibawah naungan BSO Al-Kindy jauh-jauh hari sebelum hari perlombaan. Latihan ini dilakukan setiap sore di belakang gedung Micro Teaching. Setiap peserta menyiapkan materi, praktek, dan berdiskusi, serta mengevaluasi penampilan satu sama lain.



Pada tanggal 13 September, para peserta lomba dari BSO Al-Kindy berangkat dari Malang menggunakan kereta api. Pembukaan lomba dilakukan pada tanggal 14 September yang dilanjutkan dengan perlombaan debat pada siang harinya. Perlombaan dilanjutkan pada tanggal 15 September, yang menghasilkan nama-nama finalis lomba-lomba tertentu. Pada tanggal 16 September dilakukan semi final debat dan presentasi final essai. Adapun moment yang ditunggu-tunggu, yaitu pengumuman pemenang perlombaan Sukarabic Fest dilakukan pada malam hari tanggal 16 September 2023.

Dan alhamdulillah, puji syukur tak henti-hentinya kami ucapkan atas hasil dari kerja keras yang kami peroleh. Dengan bangga Al-Kindy memborong beberapa juara, diantaranya prestasi Khonsa Fillah Attaqi yang meraih juara 1 Insya’, Azizatiz Zahra yang membawa pulang piala juara 3 MQK, dan tim debat yang beranggotakan Annafik Fuad Hilmi, Qothrun Nada Yulia, dan Qushayyi Akbar Editia yang membawa pulang piala juara 3 debat Bahasa Arab. Hal membanggakan kembali datang dari Annafik Fuad Hilmi yang memperoleh penghargaan sebagai Best Speaker dalam perlombaan debat Bahasa Arab.



Tim berita dari BSO El-Fatih telah melakukan wawancara kepada beberapa pemenang terkait kesan dan pesan dari kemenangan yang mereka peroleh, dan begini apa yang mereka sampaikan. Annafik sebagai salah satu anggota debat yang juga merupakan mudir Al-Kindy menyampaikan. “Alhamdulillah, bersyukur, bersyukur, bersyukur. Ini adalah jawaban dari beberapa periode Al-Kindy yang lalu. Dan di event ini, kita semua dihadiahi oleh Allah kemenangan ini, dan ini adalah sebagai jawaban dari ikhtiar yang telah kita semua lakukan”. Adapun kesan Khonsa Fillah Attaqi pada perlombaan ini adalah,”Bersyukur, semoga bisa berkah dan memotivasi orang lain”. 



Seperti itulah prestasi-prestasi membanggakan yang telah diraih oleh mahasiswa-mahasiswa PBA UIN Malang, semoga bisa memotivasi kita semua agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, yang mau mengambil resiko dan berjuang untuk apa yang dicita-citakan.

“Jika jalan kita menuju tujuan terlalu mudah, mungkin kita sedang salah jalan”

-Thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar