Pentingnya Belajar Bahasa Arab


https://pin.it/6OStq9K

 Pentingnya Belajar Bahasa Arab

Oleh : M. Iqbal Rizky Fachruddin

Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan manusia untuk menyampaikan pikiran mereka kepada manusia yang lainnya. Bahasa juga menjadi identitas suatu bangsa atau kaum, tentunya bahasa mempunyai karakteristik yang berbeda beda serta memiliki kekayaan dan nilai budaya nya sendiri. Dalam hal ini, bahasa arab adalah salah satu bahasa dunia yang kaya dan luas, banyak digunakan di negara-negara arab bahkan menjadi bahasa resmi di 25 negara di wilayah jazirah arab. Selain itu, bahasa arab juga dijadikan sebagai bahasa ilmu pengetahuan, budaya, pemikiran di bidang filsafat, kedokteran dan ilmu-ilmu pengetahuan lainnya di dunia.

Penting untuk diketahui, belajar bahasa arab sangatlah penting untuk kita. Mungkin sering terlintas di pikiran kita kenapa harus belajar bahasa arab. tentunya, sebagai mahasiswa yang sering berkaitan dengan bahasa arab pasti sering berfikir bahasa arab bahasa yang sulit, tidak semudah yang di bayangkan. bahkan pada mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa arab mereka sering berfikiran salah jurusan, padahal apabila dikembalikan sebagai seorang muslim tentunya tidak asing dengan bahasa arab. Karena hampir semua amaliyahnya sehari-hari berkaitan dengan bahasa arab. hal itu sudah cukup menjadi alasan besar kenapa harus belajar bahasa arab.

Ada beberapa hal yang menjadi keunggulan bahasa arab dari bahasa-bahasa yang lainnya, diantaranya 

Kosa kata/mufrodat bahasa arab sangatlah luas dan kaya. bahasa arab didalam penyebutan katanya sangat mendetail. Memiliki 16.000 lebih akar kata bahkan bahasa lain didunia termasuk bahasa indonesia banyak mengambil kata dari bahasa arab. Salah satu contohnya bahasa arabnya singa itu lebih dari 500 nama didalam bahasa arab, setiap macam singa dengan perbedaannya memiliki masing-masing nama. Hal itu tidak terbatas di singa, akan tetapi hampir semua kata bahasa arab memiliki persamaan kata lebih dari satu.

Susunan tata bahasa didalam bahasa arab sangat sempurna dan indah. Didalam ilmu tashrif salah satu cabang ilmu bahasa arab yang membahas tentang perubahan pola kata, seperti kata kerja lampau (fi’il madhi), kata kerja sedang/akan (fi’il mudhari’), dan kata perintah (fi’il amr) dan seterusnya, menujukkan satu kata di dalam bahasa arab memiliki akar yang bisa berubah dan berkembang menjadi paling tidak lebih dari 30-an pola kata. Dan pola kata tersebut memiliki makna yang luas dan tekadang merubah fungsi dari penggunaan kata tersebut.

Bahasa arab memiliki simbol yang berbeda dari bahasa yang lainnya. Simbol bahasa arab terdiri dari 28 huruf yang dinamakan huruf hijaiyyah dan memiliki tanda baca/harakat yang terdiri 3 yaitu fathah, dhommah dan kasrah. Selain itu, ada juga harakat tambahan seperti sukun, tanwin, tanda panjang dan pendek. Didalam ilmu nahwu salah satu cabang ilmu bahasa arab membahas secara detail hal ini, diantaranya kedudukan suatu kalimat, kapan dibaca fathah kapan dibaca dhommah dan kapan dibaca kasrah. Dengan hal ini, menjadikan pembeda bahasa arab dari bahasa-bahasa yang lainnya.

Bahasa arab merupakan bahasa yang memiliki unsur sastra yang mendalam. Bahasa arab juga terkenal bahasa yang memiliki kekayaan makna. Hal ini, bisa dilihat dari puisi-puisi arab terdahulu yang tidak hanya indah secara estetika, akan tetapi juga mimiliki makna yang mendalam dan ekpresi perasaan dalam penulisannya. Sehingga sastra arab dahulu telah mempengaruhi sastra dunia. Pada zaman Nabi Muhammad dahulu banyak penyair-penyair arab yang mahir dalam menciptakan syair-syairnya, salah satunya seorang penyair dizaman Rasulullah yaitu Hasan bin Tsabit. Kemudian diabad pertengahan penyair bahasa arab semakin berkembang didunia karya-karya penyair seperti ‘Alfu llail wa llaylah” (seribu satu malam) dan syair puisi klasik seperti karya Al-Mutanabbi dan Al-Ma’arri terus menjadi sumber inspirasi bagi penulis dan penyair di seluruh dunia. Hal ini, dikupas mendalam didalam ilmu balaghah salah satu cabang ilmu bahasa arab yang membahas tentang bagaimana memperindah bahasa arab baik itu dalam segi penulisan maupun pengucapan.

Bahasa arab adalah bahasa yang abadi tidak akan berubah sampai zaman. Dari bahasa-bahasa yang lain bahasa arab adalah salah satu bahasa yang paling tua. Telah digunakan ribuan tahun dan tidak pernah mengalami perubahan baik itu kosa katanya, susunannya, simbolnya tetap sampai zaman sekarang dan tidak akan pernah mengalami perubahan sampai akhir zaman. Bahkan, bahasa arab terus menerus menambah kosa katanya sesuai dengan perkembangan zaman.

Bahasa arab menjadi bahasa suci didalam agama islam. Sebagai seorang muslim tentunya tidak asing dengan bahasa arab, di dalam Al- Qur’an Allah SWT. Berfirman dalam surat yusuf ayat 2 yaitu “Sesuunguhnya kami menurunkannya (kitab suci) berupa Al-Qur’an berbahasa arab agar kamu mengerti”. dan Nabi Muhammad SAW. Pernah bersabda didalam hadistnya “Aku mencintai bahasa arab karena tiga hal, karena aku orang arab, Al-Qur’an berbahasa arab, dan berbicaranya orang ahli surga berbahasa arab” dengan 2 dalil ini dapat dipahami bahwa belajar arab menjadi sangat penting untuk seorang muslim dalam memahami dan mengamalkan agamanya.


Dengan beberapa keunggulan ini dan masih banyak keunggulan bahasa arab yang lainnya menjadikan bahasa arab menjadi bahasa dunia yang sangat kaya dan luas. Akan tetapi, keunggulan bukan menjadi perbandingan untuk menjatuhkan satu dari yang lainnya. Didalam teori bahasa modern dikatakan bahwa “Tidak ada satu bahasa yang lebih unggul dari bahasa yang lainnya, akan tetapi bahasa bisa lebih unggul dari bahasa lain dikarenakan sejarah dan transformasi pemikiran dan budaya”. Dengan ini, keunggulan bahasa arab sebaiknya dijadikan motivasi untuk lebih mendalam mempelajari dan memahami bahasa arab, serta menjadi kebanggaan tersendiri menjadi seseorang yang bisa mempelajari dan memahami bahasa arab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar