Nikah antara Opsi dan solusi


 Oleh : Jendral Pba

Dewasa ini banyak penyimpangan-penyimpangan gejolak hati yang menimpa kaula muda. Tidak sedikit mereka yang terperangkap dalam lembah kenistapaan dan kehancuran yang diharamkan Islam. Juga tidak sedikit berita-berita baik lewat media Whatsapp FB, twitter, televisi maupun dunia maya lainnya prihal pergaulan-pergaulan bebas remaja masa kini yang berujung pada hubungan yang semestinya tidak dilakukan.


Dan masih hangat berita mengenai kasus pelajar  yang senonoh melakukan hal yang tidak wajar dilakukan oleh pelajar. Sebab eksistensi pelajar dialah yang mampu mengemban dan memikul nama baik almamternya dengan berprilaku dan beretika sesuai dengan norma-norma yang diajarkan di kelasnya yaitu norma-norma Islam yang menjadi akar dari keberhasilan sebuah pendidikan. Karena sejatinya kesuksesan pendidikan tidak hanya bertitik pada kecerdasan intelektual semata, melainkan bermuara pada kecerdasan spiritual.

Sebenarnya tidak hanya pelajar yang terjerat pada perbuatan yang dilarang ini tetapi siapa pun bisa terjerat dalam lembah yang sama, naudzubillah min dzalik. Oleh karena itu pemuda dan siapa pun harus tahu cara untuk meredam hasrat yang mengganggu jiwanya. Melihat realita dan fakta yang terjadi dikalangan pemuda khususnya, diperlukan adanya rem untuk menghindari diri dari perbuatan dosa tersebut. Salah satu rem untuk menghindari diri dari dosa zina adalah menikah ataupun berpuasa sunnah. Banyak ayat-ayat yang menjelaskan tentang perial nikah seperti QS Annisa’: 3, QS Annur: 32, dan QS Annisa: 19 dan hadis-hadis sperti hadis dari Ibnu Abbas Radiyallahu ‘Anhu, Rasulullah shollahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 يا معشَرَ الشَّباب من استطاعَ منكم الباءة فليّتزوجْ فإنه اغضّ للبصرِ وأحصَنُ للفرج. ومن لم يسْتَطِعْ فعليه بالصومِ فإنه لهُ وِجاءً. رواه البخاري ومسلم واللفظ لهما وأبو داود والنسائ وابن ماجه واحمد والترمذي [1]

Hai para pemuda, barang siapa diatara kamu yang telah sanggup memikul tanggung jawab berumah tangga, maka menikahlah! karena pernikahan itu dapat menundukkan mata dan kemaluan (dari dosa). Siapa yang belum sanggup, hendaklah berpuasa, karena puasa itu dapat menundukkan syahwat nafsu birahi. (HR Imam Bukhori, Muslim, Abu Daud, Annasa’I, Ibnu Majah, Ahmad, dan Tirmidzi).           

 Masih banyak hadis-hadis yang menjelaskan keutamaan nikah, seperti hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radiyallahu ‘Anhu, bahwasanya Rasulullah shollahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 تنكح المرةُ لأربع: لمالها ولحسبها ولجمالها ولدينِها. فظفر بذات الدين ترِبَتْ يداك. رواه البجاري ومسلم وأبو داود والنسائ وابنُ ماجه[2]

 artinya: “Wanita umumnya dinikahi karena 4 hal: hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya. Karena itu, pilihlah yang memiliki agama, kalian akan beruntung”. sampai-sampai Ulama salaf memberikan ijtihadnya tentang hukum nikah, syarat sah nikah, faedah-faedah nikah dan kejelekan-kejelekan nikah. Akan penulis uraikan insya Allah berikut.

Hukum nikah
Nikah disunnahkan bagi mereka yang mempunyai hasrat dan mampu memikul beban tanggung jawab rumah tangga, seperti mempunya biaya mahar, memberikan pakaian, nafkah setiap harinya.

            Tidak disunnahkan menikah bagi mereka yang mempunyai hasrat tetapi tidak mampu memikul tanggung jawab diatas, bahkan yang sunnah baginya adalah tidak menikah. Sementara untuk meredam nafsu birahinya dengan cara berpuasa seperti apa yang dianjurkan oleh Rasulullah. Kalau dengan puasa masih tidak bisa dikendalikan syahwatnya tidak apalah menikah dan bertawakkallah pada Allah sebab Allah akan menanggung rizki orang yang menikah dengan niatan agar terjaga dari dosa[3].   

         Menikah juga dapat menentramkan hati sebagaimana hadis riwayat Sahabat Jabir Radiyallahu ‘Anhu, katanya: “Rasulullah saw pernah terlihat pada seorang wanita, lalu beliau segera mendatangi isteri beliau Zainab yang sedang menyimak kulit, guna melepaskan rasa rindunya. Sesudah itu beliau pergi menemui para sahabatnya, lalu beliau bersabda, “sesungguhnya wanita itu datang dan pergi bagaikan setan. Maka bila kamu terlihat kepada wanita, datangilah isterimu, karena yang demikian itu dapat menenteramkan gejolak hatimu. (HR Imam Muslim).

           Disamping menikah mempunyai nilai positif berupa faedah-faedah menikah dan juga tidak menutup celah dari nilai negatifnya berupa kejellekan-kejelekan nikah, seperti yang diungkapkan oleh Imam al-Ghazali dalam buku populernya ihya’ ulumiddin sebagai berikut: Faedah-faedah nikah Faedah dari menikah dapat memperoleh anak yang saleh, memecahkan syahwat, mengatur rumah tangga, memperbanyak keluarga, mendapat pahala atas jerih payah memberi nafkah bagi mereka.  Jika anaknya saleh, maka ia mendapat berkah darinya, dan jika anaknya wafat, maka ia menjadi pemberi syafaat baginya.

Kejeleka-kejelekan nikah
Sedangkan sisi jeleknya menikah bilamana sulit memberi nafkah dari jalan yang halal, sedangkan mencari yang halal itu hukumya wajib. Barangkali pula ia kurang memenuhi haknya. Istri mempunyai hak dan suami wajib memenuhinya dengan baik dan bersikap lemah lembut terhadapnya. Ini tidak mampu dilakukan kecuali oleh orang-orang kuat.

Termasuk kejelekan-kejelekan besar adalah bila istri dan anaknya lalai dari mengingat Allah Ta’ala dan meneempuh jalan akhirat.            Tidak sampai disitu, Imam al_Ghozali memberikan jalan tengah, mana yang dapat mendekatkan diri pada Allah. Menikahkah atau membujangkah?. Inilah ungkapan beliau, “kami telah mengingatkanmu atas faedah-faedah dan kejelekan-kejelekannya. Hal itu pastinya berbeda menurut perbedaan orang-orang dan keadaannya masing-masing. Maka, ujilah keadaanmu dan pilihlah bagi dirimu mana yang terdekat bagimu kejalan akhirat”.
Akhir kata, menikah menjadi solusi jitu untuk menjauhkan diri dari lembah jurang kegelapan dosa menuju pancaran sinar pahala dari nikah yang diniatkan karena Allah, menjaga keturunan dan menyambung sunnah Nabi. Tetapi menikah juga menjadi sebuah tantangan bagi para penempuhnya, akankah dia mampu berjalan dijalan yang telah digariskan oleh Allah dan mampu menggiring anak keturunan dan isterinya dikenalkan kepada Allah dengan segala kemampuannya ataukah justru dengan menikah dia semakin jauh dari Allah sebab godaan anak-anaknya dan isterinya untuk berjalan diperahu kesuksesan dibawah perahu syariat yang dipandu oleh baginda Rasulullah Shollahu ‘Alaihi Wasallam.

[1] Fathul Qariib al-Mujiib ‘ala Tahdzibit Targhib Wattarhib Ta’lif al-Imam Sayyid Alwi Ibnu Abbas al-Maliky (hal 210)[2] Fathul Qariib al-Mujiib ‘ala Tahdzibit Targhib Wattarhib Ta’lif al-Imam Sayyid Alwi Ibnu Abbas al-Maliky (hal 210-211)[3] Fathul Mu’in bisyarhi Qurratul ‘Ain Ta’lif Syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz al-Maribary (hal 98) dan Fathul Quutul Habibil Gharib Ta’lif Syaikh Nawawi bin Umar al-Bantany (hal 195)[4] Terjemah Hadis Shohih Muslim, Bab Kitabunnikah (hal 45)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar