BUKU ASY SYAHRU KITABUN | Tarqiyah Ath-Tholabah | Resensi Buku


 

RESENSI BUKU ASY SYAHRU KITABUN

RESENSI BUKU ASY SYAHRU KITABUN

A. Identitas Buku

Judul buku

Penulis Tahun terbit Tebal buku ISBN

B. TujuanBuku

RESENSI BUKU ASY SYAHRU KITABUN

: Membangun Kembali Jati Diri Bangsa “Peran Penting Karakter dan Hasrat Untuk Berubah”

: H. Soemarno Soedarsono

: Tahun 2010
: i-viii + 63 halaman : 978-979-27-3602-1

Tujuan buku ini adalah sebagai buku paduan di lingkungan masyarakat luas yang telah dilakukan secara konsisten di pusat maupun di daerah dan untuk membangun kembali karakter bangsa dalam mewujudkan Jari diri bangsa.

C. Isi Buku

Isi buku ini adalah membina keteladanan yang khususya dalam lingkungan generasi muda untuk kelak dapat tampil sebagai pemimpin yang berkarakter. Akar permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dengan tidak mengurangi arti pentingnya politik hukum

bahkan masalah globalisasi sekalipun, justru terletak pada faktor manusianya. Dalam hal ini manusia Indonesia itu sendiri, ternyata manusia Indonesia tidak bermasalah dengan kecerdasan otaknya tapi, yang menjadi masalah justru pada hati nuraninya dan secara eksplisit berkaitan langsung dengan Jati diri dan karakternya.

Buku ini menceritakan peran penting karakter dan hasrat untuk berubah demi membangun kembali jati diri bangsa. Buku ini juga membahas tentang konsep perubahan, kondisi bangsa, akar permasalahan, kondisi ketahanan bangsa, jati diri, karakter, cara membangun karakter serta solusi dan hasrat untuk berubah.

Karakter merupakan nilai-nilai dalam diri kita melalui pendidikan, pengalaman, percobaan, pengorbanan dan pengaruh lingkungan hidup dipadukan dengan nilai-nilai dari dalam diri manusia menjadi semacam nilai intrinsik yang mewujud dalam sistem daya juang yang melandasi pemikiran, sikap dan perilaku kita.

Jati diri adalah siapa diri kita sesungguhnya dalam batas kemampuan insan yang dibawa sejak lahir. Pada pengembangannya jati diri merupakan totalitas penampilan atau kepribadian seseorang yang akan mencerminkan secara utuh pemikiran, sikap dan perilakunya. Karakter dan jati diri sangat diperlukan untuk membangun bangsa ini.

Dalam penggunaan bahasa, buku ini memiliki ucapan yang lugas dan tugas. Bahasanya padat dan kuat sehingga mudah untuk dipahami. Materi yang dibahas dalam buku ini juga sangat bagus dan memberikan pencerahan terhadap sesuatu yang hilang (nilai- nilai). Masyarakat dan para pelajar harus membaca buku “Membangun Kembali Jati Diri Bangsa” karena setelah membaca buku ini,kita dapat mengambil banyak hal yang positifdan dapat meningkatkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap Bangsa Indonesia ini.

Akan tetapi buku seperti ini sudah jarang ditemui, karena banyak penulis yang menuangkan pikirannya di buku novel atau fiksi. Semoga penulis-penulis tertarik untuk menulis buku yang banyak pelajaran teori ataupun praktik. Penulis membuat tulisan yang kurang menarik sehingga membuat pembaca cepat bosan, padahal isinya sangat bagus.

Kita perlu membangun jati diri dari lingkungan terkecil agar bangsa indonesia dapat menjadi bangsa yang berharga di mata dunia Internasional. Maka dari itu, marilah kita menanamkan tekad, kehendak, pemikiran, jati diri dan karakter serta semangat untuk mengembalikan jati diri bangsa yang ideal. Sehingga Indonesia dapat dikenal karena jati diri bangsanya yang bermoral, berakhlak, dan berbudi luhur.

D. Kesimpulan Isi Buku

Kesimpulan dari buku ini adalah tanpa adanya jati diri bangsa, suatu bangsa akan mudah terombang-ambing dan kehilangan arah dalam era globalisasi yang bergerak cepat dewasa ini.

E. KelebihanBuku

Kelebihan buku ini adalah dapat memberikan pencerahan untuk menambahkan karakter guna membangun Jati diri, karakter untuk menentukan masa depan, karakter kolerasi signifikan dengan pikiran, ucapan, perbuatan, dan kebiasaan. Jika kelima unsur tersebut baik, maka masa depan akan baik juga.

F. Kekurangan Buku

Kelemahan buku ini adalah contoh yang di berikan kurang lengkap sehingga pembaca kurang puas dengan contoh-contoh yang diberikan oleh buku itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar