Tahni'ah Arabiyah 2023


 Menyambut Kedatangan Mahasiswa Baru HMPS PBA Adakan Tahni'ah Arabiyah 2023



Memasuki tahun ajaran baru, HMPS PBA menggelar berbagai kegiatan dalam rangka penyambutan kedatangan mahasiswa baru program studi Pendidikan Bahasa Arab. Kegiatan ini biasa dikenal sebagai Tahni'ah Arabiyah.


Kegiatan Tahni'ah Arabiyah sendiri merupakan sebuah acara tahunan yan diselenggarakan guna penyambutan mahasiswa baru program studi Pendidikan Bahasa Arab, yang bertujuan untuk mengenalkan program studi Pendidikan Bahasa Arab, baik secara akademik atau kultural.


Pada tahun ini Tahni'ah Arabiyah mengusung tema "Membangung jiwa kepemimpinan yang tegas bertanggung jawab berkarakter dan loyal dalam berorganisasi". Tema ini diangkat dengan tujuan para mahasiswa mempunyai jiwa kepemimpinan yang tegas, berkarakter baik dan loyal dalam berorganisasi.


Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, dua hari pada tanggal 25-26 Agustus di aula gedung D dan dua hari pertemuan secara outdoor tanggal 2-3 September di acara Mukhoyyam Aroby di Bedengan. 


Pada kegiatan Tahniah Arobiyah diisi dengan beberapa materi sebagai langkah awal dalam memasuki dunia perkuliahan sekaligus pengenalan budaya di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Materi pertama mengenai Pengenalan Akademik dan Administrasi PBA yang disampaikan oleh ustadz M. Ibnu Ahmad, M.Pd (sekretaris prodi PBA), materi kedua adalah Pengenalan ITHLA' (Ittihadu Tholabah Al Lughoh Al Arabiyah di Indonesia) yang disampaikan oleh Didi Mufrodi, S.Pd (pengurus DPP ITHLA'). Pada hari kedua dilanjut dengan 3 materi sekaligus, materi yang pertama adalah Pengenalan HMPS Pendidikan Bahasa Arab oleh Badan pengurus harian HMPS PBA, materi yang kedua adalah materi tentang Prospek kerja di jurusan Pendidikan Bahasa Arab oleh ustadz Muh. Faruq, M.Pd. Materi yang ketiga adalah materi tentang Keorganisasian yang disampaikan oleh Ihda Filzafatin, S.Pd. (Demisioner ketua DEMA FITK 2021).


Pada kegiatan Mukhoyyam Aroby sebagai kegiatan lanjutan dari Tahniah Arobiyah juga terdapat beberapa kegiatan yang tak kalah lebih seru. Kegiatan tersebut diantaranya, lomba formal dan non formal. Dalam lomba formal terdapat lomba imathoh, khitobah, ghina', dan syi'ir. Sedangkan pada lomba non formal terdapat lomba tebak kata, dan lompat arab. Kegiatan dilanjutkan pada malam hari dengan panggung gembira, api unggun serta jurit malam.



Pada kegiatan Mukhoyyam Aroby ini mahasiswa baru diminta untuk aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. Pada hari kedua masih di lokasi yang sama, kegiatan diawali dengan sholat shubuh, lomba, dan sarapan bersama. Dilanjut dengan penutupan dan pembagian hadiah serta foto bersama. Mahasiswa baru dan panitia kembali ke kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada siang hari tanggal 3 September 2023.



Oleh : Wuruda Rif'atal Amin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar