Istilah Stakeholkder Bukan hal Yang Tabu dalam pendidikan



 
konselor dalam membimbong Stakeholkder
Oleh     : Ahmad Fatchorrozi
Nim      : 16150038
Jurusan : Pendidikan Bahasa Arab

 
Pengertian Stakeholkder  Pastinya Anda sudah sering mendengar istilah ini, stakeholder. Dalam berbagai bidang sering digunakan untuk menunjuk pada komunitas atau sekelompok orang yang memiliki kepentingan tertentu. Banyak faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya sebuah organisasi ataupun individu. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa arti stakeholder adalah komunitas yang berkepentingan, maka bisa diambil kesimpulan bahwa
hadirnya kelompok ini sangat mempengaruhi pencapaian usaha. Begitu pula sebaliknya, kepentingan dari kelompok organisasi atau group ini hanya bisa dicapai dengan peran serta komunitas tersebut.

Diatas merupakan gambaran secara umum tentang Stakeholkder, sehingga penulis mencoba mengkhususkan pada pembahasan Stakeholkder pendidikan, stakeholder pendidikan dibagi dalam 3 kategori utama, yaitu sekolah, pemerintah dan masyarakat. Sekolah, termasuk di dalamnya adalah para guru, kepala sekolah, murid dan tata usaha sekolah.


Tanpa melibatkan para pemegang kepentingan ini secara utuh, niscaya dunia pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Mengapa? Di dalam dunia pendidikan ada hal yang disebut dengan aksi dan refleksi. Seseorang akan melakukan aksi setelah mempelajari dulu apa yang dilakukan oleh orang-orang sebelumnya dalam merespons rangsangan yang sama atau biasa disebut coping behavior. Untuk menanamkan aspek afektif seperti akhlak mulia, seseorang perlu meniru atau mencontoh ketauladanan lingkungan di sekitarnya. Dunia sekolah tidak akan mampu mensterilkan murid dari perilaku masyarakat di sekelilingnya, untuk itu sekolah memerlukan dukungan masyarakat dalam memberikan ketauladanan dalam mengajarkan akhlak mulia. Begitu juga dengan aspek psikomotorik. Hanya melalui latihan-latihan konkret di lingkungan sekitar yang akan membuat murid belajar untuk melatih kemampuan psikomotriknya sehingga mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Tanpa dukungan masyarakat, murid akan terisolasi dalam dunia teori tanpa mampu melakukan tindakan konkret. Sementara itu, masyarakat mengharapkan sekolah lebih menonjol dalam mengembangkan aspek kognitif. Dunia pendidikan formal memang mengutamakan transfer of science and knowledge, yang diharapkan mampu mendorong murid mengembangkan paradigma modernitas dalam kehidupannya kelak


Jadi stakeholder pendidikan dapat diartikan sebagai orang yang menjadi pemegang dan sekaligus pemberi support terhadap pendidikan atau lembaga pendidikan. Dengan Perkataan lain stakeholder adalah orang-orang atau badan yang berkepentingan langsung atau tidak langsung terhadap kegiatan pendidikan di sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar