Pemberantasan Tetek Bengek Melalui Layanan BK


Setiap tahunya dunia pendidikan disibukkan dengan siswa baru yang notabennya tidak mengetahui hal ihwal di dalam lingkungan tersebut. Sehingga memperlambat keberlangsungan sosial antara murid baru dan yang lama begitupun murid baru dan guru lama, ini yang akan menghambat proses keberlangsungan. Bahkan lebih jauh dari itu dapat membuatnya tidak mencapai hasil belajar yang diharapkan. Oleh sebab itu, mereka perlu diperkenalkan dengan berbagai hal tentang lingkungan lembaga pendidikan baru itu. Salah satunya adalah pelayanan guru bk, di lingkungan tersebut.
Sehingga para pakar peneliti salah satunya adalah Allan & McKean (1984) menegaskan bahwa tanpa program-program orientasi, periode penyesuaian untuk sebagian besar siswa berlangsung kira-kira tiga atau empat bulan. Dalam kaitan itu, penelitian Allan dan McKean menunjukkan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian.

Menurut pendapat diatas penulis mencoba mencontohkan Individu yang memasuki lingkungan baru perlu segera dan secepat mungkin memahami lingkungan barunya itu.

Pondok pesantren Modern gontor mewajibkan santri baru menggunakan bahasa asing yaitu bahasa arab dan inggris, bagi santri yang jarang bahkan tidak pernah menggunakan bahasa internasional tersebut, membingung diri sendiri dan para pengurus pondok tersebut, namun langkah strategis adalah, di pondok tersebut, ada kakak kelas yang siap membantu bahkan melayani 24 jam non stop, yang tujuannya adalah untuk membingbing dan menunjukkan kepada hal positif, sehingga tujuan dari santri yang pengen bisa bahasa internasional tersebut bisa, dan para pengurus pondokpun merasa lega yang mana harapannya bisa tercapai dan terselenggarakan dengan baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar