Tahniah 'Arobiyyah | El - Fatih | Berita



 

Alhamdulillah! Tahniah Arobiyah 2020 sukses terlaksana!

Malang-Tak terasa proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang telah usai. Sebelum memulai kegiatan perkuliahan, tentunya para mahasiswa terlebih dahulu mengikuti serangkaian kegiatan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan), baik PBAK U (lingkup Universitas), PBAK F (lingkup fakultas), maupun PBAK J (lingkup jurusan).

            Tak mau ketinggalan, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab juga mengadakan acara serupa untuk menyambut mahasiswa baru angkatan 2020. Meskipun suasana tahun ini berbeda karena adanya pandemi Covid-19, namun panitia tetap optimis dan semangat  untuk menyukseskan acara ini.

Acara tahunan ini bertajuk “Tahniah ‘Arobiyah 2020” dengan tema “Dengan Semangat Lughoh ‘Arobiyyah, Ciptakan Kader Pendidik yang Amanah, Dengan Asas Kekeluargaan Menuju Khoirul Ummah”. Dengan menggunakan sistem online atau daring (dalam jaringan), acara Tahniah ‘Arobiyah 2020 berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu, 03 Oktober dan Minggu, 04 Oktober.

Acara diawali dengan pembukaan dari MC, dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PBA, sambutan dari ketua pelaksana dan ketua HMJ, pengenalan jurusan oleh Ustadzah Mamluatul Hasanah selaku Ketua Jurusan dan Ustadz Ahmad Mubaligh selaku Sekretaris Jurusan, kemudian ditutup dengan doa. Tak berhenti sampai disitu, acara dilanjutkan dengan adanya penyampaian materi dengan tema “Kepemimpinan dan Organisasi”. Pemateri yang berkesempatan hadir mengisi acara yaitu Abdul Fattah Wahab, S.Pd yang tak lain merupakan alumni dari UIN Malang khusunya jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

Esoknya, panitia mengadakan acara pengenalan HMJ dengan narasumber M. Sholih Salimul Uqba selaku Ketua HMJ Pendidikan Bahasa Arab periode 2020-2021. Dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan tema “Strategi belajar Bahasa Arab Mandiri” yang dibawakan oleh Ustadz Ahmad Makki Hasan, M.Pd yang juga merupakan salah satu dosen di jurusan PBA.

Selain mengadakan rangkaian acara diatas, pihak panitia juga memberikan beberapa penugasan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa baru. Diantaranya memposting foto diri + twibbon di akun instagram masing-masing, membuat rekaman video menyanyikan mars PBA, serta merangkum isi materi yang telah disampaikan oleh pemateri atau narasumber. Meskipun diadakan secara virtual tanpa adanya tatap muka, namun antusias dan semangat para mahasiswa baru patut untuk diapresiasi. Mereka tertib menggunakan dresscode yang telah ditentukan, menyimak materi dengan seksama, serta mengerjakan penugasan dengan baik dan lengkap.

Ketika ditanya perihal tanggapan tentang acara ini, Ahmad Akbar Abdal selaku ketua pelaksana mengatakan, “Saya merasa terpanggil untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan di jurusan PBA dengan ditunjuknya saya menjadi ketua pelaksana Tahniah ‘Arobiyyah 2020. Semoga seluruh warga PBA UIN Malang dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan sampai akhir hayat. Acara ini belum berakhir sampai kita dipertemukan secara langsung (face to face), dan saya bersama seluruh panitia akan selalu mengawal dan mendampingi kalian di ranah perkuliahan”.

M. Sholih Salimul Uqba selaku Ketua HMJ PBA juga mengatakan, “Acara ini merupakan sebuah tantangan baru bagi seluruh panitia. Harapannya, meskipun diadakan secara virtual, namun acara ini dapat memberikan output yang baik bagi para mahasiswa baru jurusan PBA angkatan 2020. Sesuai dengan tema kegiatan ini, yaitu menjadi pendidik Bahasa Arab yang amanah."

1 komentar: