Kamu itu Berdosa Banget! | El Fatih | Artikel


 


Jangan Jadi Orang Kedua yang Ngeselin’! Orang kedua ngeselin? Maksudnya apa, sih? Orang kedua yang ngeselin itu kayak gimana? Dan mungkin masih banyak lagi pertanyaan yang berputar di benak teman-teman. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tema ini.

Orang kedua di sini maksudnya adalah orang yang diajak bicara, yang menjadi pendengar saat orang lain berbicara. Banyak sekali orang-orang yang jadi orang kedua atau pendengar yang ngeselin. Contohnya ketika kita diajak berbicara namun tidak mendengarkan dengan baik seperti asyik sama gadget yang  dipegang otomatis topik obrolan tidak ditangkap dengan baik sehingga alur pembicaraan jadi tidak nyambung dan membosankan. Dan yang paling buruk dari semua itu adalah saat kita berbincang-bincang dengan orang lain tentang suatu kejadian, lalu ngotot dengan jawaban kita padahal sudah jelas-jelas itu salah. Wah, itu parah banget.bukan hanya dicap ngeselin, bisa-bisa kita di-blacklist dari pertemanan. Sayang sekali, bukan?

Tentu hal-hal di atas menjadikan kita sebagai orang kedua yang ngeselin dan kemungkinan terburuknya orang lain tidak akan suka jika berbicara dengan kita. Alhasil, orang-orang akan menjauh dan kita akan dicap sebagai "orang kedua yang ngeselin".

 

Pastinya kita tidak mau kan dicap seperti itu? Maka, ini dia tips-tips agar menjadi orang kedua yang most wanted!

1. Jadilah pendengar yang baik, dengarkan apa yang dikatakan orang lain dengan baik dan penuh perhatian.

2. Fokus kepada lawan bicara kita, tutup tuh yang namanya handphone, gadget, dan hal-hal lain yang kiranya bisa membuyarkan fokus kita dari lawan bicara.

3. Jangan melanjutkan pembicaraan jika memang belum mengerti! Tanyakan tentang hal-hal yang belum dimengerti agar pembicaraan kita serasi dengan teman kita.

4. Ini nih yang paling penting, jangan sok tahu. Sok tahu akan membuat kita benar-benar menjadi orang kedua yang ngeselin dan menjengkelkan. Apalagi kalau kita kukuh dengan pendapat kita yang faktanya itu salah dan keliru. Wah.. bisa-bisa kita jadi kambing congek sendiri tuh kalo begitu.

5. Menjadi pendengar yang rendah hati. Ini maksudnya gimana? Jadilah pendengar yang benar-benar mendengarkan, apalagi jika orang yang kita dengarkan lagi ada masalah, kita harus mendengarkan dan jangan sekali kali membandingkan masalah dia dengan kita. Karena bukan apa-apa, nanti bukannya dia akan makin lega ketika bercerita malahan semakin stres karena merasa masalahnya tidak dihargai, jadi hati-hati, ya!

Nah, itu dia tips-tips menjadi orang kedua yang most wanted, semoga bisa berguna ya teman-teman! Sampai jumpa di artikel berikutnya, tunggu terus ya artikel menarik dari saya. Jangan sampai bosan pokoknya. Semangat terus. Babay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar